Senin, 05 Januari 2015

LAPORAN PENELITIAN



ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. UNILEVER INDONESIA Tbk PERIODE 2009-2013

I. Pendahuluan
Di era globalisasi saat ini, banyak perusahaan yang sulit untuk mengembangkan usahanya karena harus bersaing dengan perusahaan lainnya. Hal tersebut dikarenakan di dalam suatu kegiatan perusahaan, pada kenyataanya sebagai fokus kinerja perusahaan lebih dicurahkan untuk mewujudkan kinerja keuangan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan dari suatu perusahaan adalah mencari laba yang sebesar-besarnya.
Untuk mengetahui kondisi keuangan suatu perusahaan kita perlu menganalisis kinerja keuangan dari perusahaan yang bersangkutan. Dengan kita menganalisis kinerja keuangan tersebut akan diperoleh keadaan dan perkembangan keuangan perusahaan yang telah tercapai diwaktu lalu dan waktu yang sedang berjalan.
Laporan keuangan merupakan media informasi yang digunakan untuk melaporkan perkembangan perusahaan baik  kepada pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan. Analisis rasio menggambarkan suatu hubungan atau perimbangan antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah lainnya sangat bermanfaat bagi manajemen untuk perencanaan dan pengevaluasian prestasi atau kinerja perusahaan.
Salah satu industri yang berkembang di Indonesia adalah PT. Unilever Indonesia Tbk yang merupakan industri dari luar negeri. PT. Unilever Indonesia Tbk bergerak diberbagai macam bidang yaitu, home and personal care serta foods & ice cream. Ragam produk yang dihasilkan juga tersebar diberbagai daerah dan masyarakat Indonesia pun mengenal produk dari perusahaan ini.
            Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk menulis penulisan ilmiah dengan judul “ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. UNILEVER INDONESIA Tbk PERIODE 2009-2013”

II. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT. Unilever Indonesia Tbk apabila dilihat dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas dan rasio profitabilitas.


III. Metodologi Penelitian
     Adapun langkah-langkahh kerjanya sebagai berikut :
1. Menentukan objek penelitian
2. Melakukan wawancara dengan narasumber
3. Mengklasifikasi Masalah
4. Merumuskan masalah
5. memberikan solusi/simpulan

IV. Hasil Penelitian
            Berdasarkan hasil analisis kinerja keuangan PT. Unilever Indonesia tahun 2009-2013 dengan menggunakan analisis rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas dan rasio profitabilitas perusahaan memiliki kinerja keuangan yang cukup baik, walaupun dilihat dari rasio likuiditas perusahaan dalam keadaan ilikuid tetapi perusahaan dapat melunasi hutang lancarnya dengan aktiva lancar yang lebih likuid seperti kas dan piutang. Dilihat dari rasio solvabilitas perusahaan juga dalam keadaan insolvable tetapi terdapat kemungkinan terbayarnya hutang dengan menggunakan laba operasi perusahaan yang ada. Jika dilihat dari rasio aktivitas, aktivitas perusahaan sudah cukup produktif. Dan dilihat dari rasio profitabilitas perusahaan dalam keadaan profit.

V. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis kinerja keuangan PT. Unilever Indonesia tahun 2009-2013. Perusahaan memiliki kinerja keuangan yang cukup baik, walaupun dilihat dari rasio likuiditas perusahaan dalam keadaan inlikuid dan jika dilihat dari rasio solvabilitas perusahaan dalam keadaan insolvable dan perusahaan juga menjalankan aktivitas perusahaan dengan efektif. Dan dilihat dari rasio profitabilitas perusahaan dalam keadaan profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar